Ini dia, tokoh animator dibalik kesuksesan The Adventure of Tintin

Sudahkah Anda nonton film The Adventures of Tintin, sebuah film petualangan yang diangkat dari komik yang cukup populer. Cerita yang menarik digabungkan dengan kepiawaian Steven Spielberg selalu menjadikan film ini cukup sukses diterima pasar. Film dengan durasi 107 menit ini mengambil cerita dari komik The Secret of the Unicorn dan Red Rackham’s Treasure.

Suksesnya sebuah film animasi tentunya tidak luput dari orang-orang dibalik studio, sebuah teamwork yang bekerja dalam waktu yang cukup lama. Pengerjaan film Tintin sendiri mulai dari pembuatan storyboard hingga selesai mencapai waktu empat tahun. Lebih dari satu tahun sendiri animasinya dikerjakan, yang hampir 80 animator terlihat didalamnya.

Film ini diproduksi di Wellington, dengan pengarahan oleh Steven Speilberg dilakukan lebih banyak melalui video conference. Kualitas produksi yang sangat bagus membuat kita sering lupa lupa kalau itu hanya sebuah animasi, dimana semua obyek yang ada dalam film hanyalah rekayasa digital yang mampu menyerupai bentuk aslinya.

Dan baru-baru ini, 'The Adventures Of Tintin' pun berhasil meraih penghargaan Film Animasi Terbaik di ajang Golden Globe Awards 2012.
 
Seperti dilansir dari situs resmi Golden Globe, Senin (16/1/2012), di kategori Film Animasi, 'The Adventures Of Tintin' mengalahkan 'Arthur Christmas', 'Cars 2', 'Puss In Boots' dan 'Rango'.

'The Adventures Of Tintin' dirilis pada Desember lalu. Hingga saat ini, film itu sudah meraup pendapatan hingga US$ 346 juta.

Jika anda menyaksikan sampai habis perhatikan credit title-nya. Anda pasti terkejut kalau salah satu animatornya ternyata orang Indonesia! Namanya Rini Sugianto. Ya, dia adalah animator muda tanah air yang sukses menembus kancah perfilman Hollywood. Lulusan S2 Academy of Arts San Fransisco, California ini bekerja di WETA Digital di Selandia Baru saat menggarap film animasi ini. Dan, ini adalah film layar lebar pertamanya sekaligus kesempatan pertama bekerja sama dengan Stephen Spielberg. 
Rini Sugiarto
 
Dalam film ini, Rini mendapat tugas menggarap 70 shot film Tintin, sebuah andil besar karena paling banyak dbanding animator lainnya. Baginya sebagai fans berat Tintin, ini adalah tantangan tersendiri. Selain itu, komiknya sudah sangat mendunia dan karakter-karakter di dalamnya sudah sangat dikenal sehingga tidak bisa sembarangan mengubahnya. Pekerjaannya bersama seluruh tim memakan waktu hampir setahun setengah.

Berawal dari kecintaan terhadap karakter fiksi seorang detektif berjambul bernama Tintin, seorang animator muda asal Indonesia bernama Rini Sugianto sukses menembus kancah perfilman Hollywood.

Sebelumnya, Rini yang adalah lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California rela untuk meninggalkan pekerjaan dan kehidupannya di Amerika dan pindah ke Selandia Baru, setelah mendapat tawaran untuk menggarap film yang disutradarai oleh Stephen Spielberg ini. “WETA waktu itu lagi hiring untuk 'Tintin' sama 'Rise of the Apes.' 
Pesan Rini terutama kepada sesama animator adalah untuk tidak pernah putus asa dalam menggapai cita-cita. “Never give up. Kalau memang ada perusahaan yang animator-animator Indonesian mau tembus, pelajarin tipe animasi mereka dan buat animasi yang seperti tipe yang mereka kerjakan. Lama-lama akan terbuka peluangnya.”

Saat ini Rini sedang menggarap animasi film Hollywood lainnya, yaitu The Avengers.

No comments:

Post a Comment