Edison Talking Doll, Rekaman Komersial Tertua di Dunia


yaa..walaupun agak berisik dan tidak jelas, inilah yang diucapkan suara itu:

"Twinkle, twinkle, little star, How I wonder what you are, Up above the world so high, Like a diamond in the sky..."

Bagaimanapun juga itu adalah rekaman suara yang berusia 123 Tahun!!
Suara itu didapat para ilmuwan dari Silinder logam dengan teknik Scan Optik 3Dimensi yang merupakan rekaman suara komersial pertama yang dijual ke publik. Silinder logam tersebut berada dalam Sebuah Boneka yang dapat berbicara sendiri. Boneka tersebut dibuat dan dijual oleh sang Penemu Fonograf, yaitu Thomas Alva Edison. Itu adalah rekaman suara perempuan pertama, sekaligus rekaman suara tertua di Dunia. Rekaman Tua tersebut ditemukan pada tahun 1967 di West Orange (sekarang menjadi Museum), dimana dulu Edison dan pekerja Laboratioriumnya bekerja. Boneka tersebut bernama Edison Talking Doll.

Meskipun menghabiskan beberapa tahun untuk Eksperimen dan Pengembangan, Edison Talking Doll adalah sebuah kegagalan dimana hanya dipasarkan selama beberapa minggu saja di awal 1890. Harga Asli sekitar $10 untuk yang sederhana, dan $20-$25 utnuk yang bergaun penuh.

Boneka pertama dijual pada 7 April 1890 di Lenox Lyceum, New York.

Label Asli (yang kosong) dibuat untuk ditempel pada luar kotak Boneka tersebut:

Foto untuk penampakan Iklannya:
Foto ini dicetak dari Kaca Negatif Asli, yang diambil di Springfield, Massachussetts tanggal 29 Mei 1890 (pada jam 4:30AM sesuai cacatan si fotografer). Pada tiang Telegraph perhatikan baagian tengahnya (panah merah), itu adalah iklan untuk penjualan Edison Talking Doll (perhatikan close up nya)

dan bagaimanapun juga, walau hanya beberapa minggu saja dalam penjualannya, Edison Talking Doll adalah sebuah penemuan komersial hebat dari seorang Thomas Alva Edison

No comments:

Post a Comment