Zakumi : Maskot Piala Dunia 2010 Afrika Selatan


Zakumi adalah nama karakter dari maskot Piala Dunia 2010 yang akan digelar tanggal 11 Juni sampai 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. Memiliki bentuk yang unik, seekor singa nyentrik dengan rambut berwarna hijau.

Karakter Zakumi diambil dari bentuk Singa Afrika yang populasinya terancam punah. Berasal dari kata “Za”yang merupakan kode standar internasional untuk negara Afrika Selatan dan kata “Kumi” yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Seragam Zakumi yang berwarna hijau kuning merupakan warna dominan dari seragam tim Afrika Selatan di Piala Dunia.
Kelahiran Zakumi
Kelahirannya bertepatan dengan hari pemuda nasional di Afrika Selatan, tanggal 16 Juni 1994. Dibidani oleh pencipta karakternya, Andries Odendaal yang berprofesi sebagai desainer kreatif di bidang interaktif media dari Cape Town, Afrika Selatan.

Odendaal banyak menghasilkan pelbagai desain interaktif. Di negaranya ia dikenal sebagai desainer yang banyak bekerja dengan proyek-proyek kreatif di Amerika dan Eropa, seperti Discovery Channel, Hewlett Packard, Macromedia, UK juga Sky. Ketika ia mengkreasikan desain maskot Piala Dunia 2010, konten lokal Afrikalah yang diangkat.

Komik Zakumi (fifa.com)

Seperti yang dilansir dari fifa.com, Sekretaris Jenderal Fifa, Jérôme Valcke memuji-muji karakter ciptaan Odendaal. “Zakumi mewakili warga, geografi dan semangat Afrika Selatan. Ia sekaligus mencerminkan esensi Piala Dunia 2010. Kami yakin akan memiliki banyak hal yang menyenangkan dengan Zakumi.”
Meski piala dunia sepakbola sudah dimulai sejak tahun 1930, tapi membuat karakter maskot dengan unsur simbolisasi semangat olahraga yang fair baru dimulai saat Piala Dunia 1966 di Inggris dengan maskotnya bernama Willie. Mensimbolkan semangat ‘fair play’ dengan maskot terus berlanjut hingga sekarang.
Bukan cuma itu, maskot Piala Dunia 2010 Zakumi ini juga dikreasikan dalam bentuk komik oleh Stephen Francis dan Rico lewat karya, ‘The Adventures of Zakumi’, menceritakan kisah tentang Singa Afrika dengan segala kehidupan Afrika. Komik ini disponsori oleh perusahaan kartu kredit VISA, dikemas dalam bahasa sederhana dan gambar yang menarik.
Zakumi juga diangkat ke layar kaca lewat film animasi 3 dimensi oleh Ministry of Illusion (MOI), perusahaan animasi yang berlokasi di Johannesburg, Afrika Selatan. Pertama kalinya dipertontonkan ke publik di Cape Town International Convention Centre pada hari Jumat, 4 Desember 2009.
Marios Nicolettis, pendiri sekaligus Direktur Kreatif MOI mengatakan bahwa membuat Zakumi hidup adalah pekerjaan yang menyenangkan.
“Ketika Zakumi melakukan trik-trik sepakbola, kami menggerakkannya dengan trik efek untuk animasi. Membuat yang tak terlihat jadi terlihat itulah yang terbaik bisa kami lakukan di pekerjaan ini” jelas Nicolettis seperti dikutip dari bizcommunity.com.
Perkara kapan film animasi 3 dimensi Zakumi pun komiknya beredar, kita tunggu saja. Toh souvenir berbentuk gantungan kunci, mug, sampai kaos sudah banyak di temui di pasaran.
sumber: http://id.shvoong.com/entertainment/2003981-karakter-maskot-piala-dunia-2010/
semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment