Debian 6.0 "Squeeze" dirilis


Pada tanggal 6 Februari 2011, Setelah 24 bulan pembangunan konstan, Proyek Debian dengan bangga mempersembahkan versi baru stabil 6.0 (nama kodeSqueeze). Debian 6.0 adalah sistem operasi bebas, datang untuk pertama kalinya dalam dua rasa. Di samping Debian GNU / Linux, Debian GNU / kFreeBSD diperkenalkan dengan versi sebagai preview teknologi.
 
Debian 6.0 termasuk KDE Plasma Desktop dan Aplikasi, GNOME, Xfce, dan lingkungan desktop LXDE serta semua jenis aplikasi server. Ia juga memiliki kompatibilitas dengan FHS v2.3 dan software yang dikembangkan untuk versi 3.2 dari LSB.

Debian berjalan pada komputer mulai dari palmtop dan sistem genggam untuk superkomputer, dan hampir semuanya di antaranya.Sebanyak sembilan arsitektur yang didukung oleh Debian GNU / Linux: 32 bit-PC / Intel IA-32 ( i386 ), 64-bit PC / Intel EM64T / x86-64 (amd64 ), Motorola / IBM PowerPC ( powerpc ), Sun / Oracle SPARC ( sparc ), MIPS ( mips (big-endian) dan mipsel (little-endian)), Intel Itanium ( ia64 ), IBM S/390 ( s390 ), dan ARM EABI ( armel ).

Debian 6.0 Squeeze memperkenalkan preview teknis dari dua port baru ke kernel dari proyek FreeBSD menggunakan Debian dikenal / userland GNU: Debian GNU / kFreeBSD untuk-bit PC 32 ( kfreebsd-i386 ) dan 64-bit PC ( kfreebsd-amd64 ). Port ini adalah orang-orang pertama yang dimasukkan dalam rilis Debian yang tidak berbasis kernel Linux. Dukungan dari perangkat lunak server yang umum yang kuat dan menggabungkan fitur yang ada versi Debian berbasis Linux dengan fitur unik yang dikenal dari dunia BSD. Namun, untuk rilis ini port ini baru ini terbatas, misalnya, beberapa fitur canggih desktop yang belum didukung.

Pertama lainnya adalah kernel Linux sepenuhnya bebas, yang tidak lagi berisi file firmware bermasalah. Ini dibagi keluar ke paket terpisah dan pindah dari arsip utama Debian ke dalam wilayah non-free dari arsip kami, yang tidak diaktifkan secara default. Dengan cara ini pengguna Debian memiliki kemungkinan untuk menjalankan sistem operasi yang sepenuhnya bebas, tetapi masih dapat memilih untuk menggunakan file-file firmware non-free jika diperlukan. Firmware file yang dibutuhkan selama pemasangan dapat dimuat oleh sistem instalasi; gambar CD khusus dan tarbal untuk instalasi berbasis USB yang tersedia juga. Informasi lebih lanjut tentang hal ini dapat ditemukan di Debian halaman wiki Firmware .

Selanjutnya, Debian 6.0 memperkenalkan sistem boot berbasis dependensi , pembuatan sistem start-up lebih cepat dan lebih kuat karena paralel eksekusi script boot dan ketergantungan yang benar pelacakan di antara mereka. Berbagai perubahan lain membuat Debian lebih cocok untuk notebook faktor bentuk kecil, seperti pengenalan shell Plasma KDE Netbook.

Rilis ini berisi banyak paket perangkat lunak diperbarui, seperti:
KDE Plasma Workspace dan Aplikasi KDE 4.4.5
versi terbaru dari lingkungan desktop GNOME 2.30
Xfce 4.6 desktop lingkungan
LXDE 0.5.0
X. Org 7.5
OpenOffice.org 3.2.1
GIMP 2.6.11
3.5.16 Iceweasel (versi unbranded Mozilla Firefox)
Icedove 3.0.11 (versi unbranded Mozilla Thunderbird)
PostgreSQL 8.4.6
MySQL 5.1.49
GNU Compiler Collection 4.4.5
Linux 2.6.32
Apache 2.2.16
Samba 3.5.6
Python 2.6.6, 2.5.5 dan 3.1.3
Perl 5.10.1
PHP 5.3.3
Asterisk 1.6.2.9
Nagios 3.2.3
Xen Hypervisor 4.0.1 (dom0 serta dukungan domU)
OpenJDK 6b18
Tomcat 6.0.18
lebih dari 29.000 paket perangkat lunak lain siap digunakan, dibangun dari hampir 15.000 paket source.

Debian 6.0 mencakup lebih dari 10.000 paket baru seperti browser Chromium, solusi pemantauan Icinga, manajemen paket frontend Software Center, manajer jaringan Wicd, alat wadah Linux lxc dan cluster Corosync kerangka.

Dengan pilihan paket luas, Debian sekali lagi tetap setia dengan tujuan menjadi sistem operasi universal. Sangat cocok untuk banyak kasus penggunaan yang berbeda: dari sistem desktop untuk netbook; dari server pengembangan untuk sistem cluster, dan untuk server database, web atau penyimpanan. Pada saat yang sama, upaya jaminan tambahan berkualitas seperti instalasi otomatis dan upgrade tes untuk semua paket dalam arsip Debian memastikan bahwa Debian 6.0 memenuhi harapan tinggi bahwa pengguna memiliki sebuah rilis stabil Debian. Ini adalah batuan padat dan ketat diuji.

Mulai dari Debian 6.0, Custom Debian Distribusi yang diubah namanya menjadi Debian Blends Murni . cakupan mereka telah meningkat dengan Debian 6.0 menambahkan Aksesibilitas Debian , DebiChem , Debian EzGo , Debian GIS dan Debian Multimediadengan yang telah ada Edu Debian , Debian Med dan Ilmu Debian campuran murni. Isi penuh dari semua campuran dapat diakses , termasuk paket calon bahwa pengguna dipersilakan untuk mencalonkan untuk ditambahkan ke rilis berikutnya.

Debian dapat diinstal dari berbagai media instalasi seperti Blu-ray, DVD, CD dan USB stik atau dari jaringan. GNOME adalah lingkungan desktop default dan terdapat pada CD pertama. lingkungan desktop lain - KDE Plasma Desktop dan Aplikasi, Xfce, atau LXDE - dapat dipasang melalui dua gambar CD alternatif. Lingkungan desktop yang diinginkan juga dapat dipilih dari menu boot dari CD / DVD. Sekali lagi tersedia dengan Debian 6.0 adalah multi-arsitektur CD dan DVD yang mendukung instalasi beberapa arsitektur dari satu disk. Penciptaan media instalasi bootable USB juga telah sangat disederhanakan, lihat Panduan Penginstalan untuk lebih jelasnya.

Selain media instalasi, Debian GNU / Linux juga dapat langsung digunakan tanpa instalasi. Gambar khusus yang digunakan, dikenal sebagai gambar hidup, tersedia untuk CD, USB sticks dan setup netboot. Pada awalnya, hal ini disediakan untuk amd64 dan i386arsitektur saja. Hal ini juga memungkinkan untuk menggunakan gambar-gambar ini hidup untuk memasang Debian GNU / Linux.

Proses instalasi untuk Debian GNU / Linux 6.0 telah ditingkatkan dalam berbagai cara, termasuk seleksi lebih mudah pengaturan bahasa dan keyboard, dan partisi volume logis, dan sistem RAID dienkripsi. Dukungan juga telah ditambahkan untuk filesystem ext4 dan Btrfs dan - pada arsitektur kFreeBSD - filesystem Zettabyte (ZFS). Sistem instalasi untuk Debian GNU / Linux sekarang tersedia dalam 70 bahasa.

gambar instalasi Debian dapat didownload sekarang juga melalui BitTorrent (metode yang disarankan), jigdo atau HTTP , lihat Debian CD untuk informasi lebih lanjut. Ini akan segera tersedia di DVD fisik, CD-ROM dan Blu-ray dari berbagai vendor juga.

Upgrade ke Debian GNU / Linux 6.0 dari rilis sebelumnya, Debian GNU / Linux 5.0 (nama kode Lenny), secara otomatis ditangani oleh paket-manajemen mendapatkan alat yang tepat untuk kebanyakan konfigurasi, dan untuk tingkat tertentu juga oleh manajemen paket alat bakat. Seperti biasa, Debian GNU / Linux dapat ditingkatkan rasa sakit, di tempat, tanpa dipaksa downtime, namun sangat dianjurkan untuk membaca catatan rilis serta panduan instalasi untuk kemungkinan masalah, dan untuk rincian petunjuk tentang instalasi dan upgrade. Catatan rilis akan lebih ditingkatkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa tambahan dalam minggu-minggu setelah rilis.

source: www.debian.org > translate by google :)

No comments:

Post a Comment